Kamis, 02 Februari 2023 - RSUD Pariaman

Yuk Bisa Yuk Berhenti Merokok Mulai Dari Sekarang dengan Menerapkan Tips S.T.A.R.T!

  • Website Administrator
  • 19 Januari 2023
  • 74

image from canva

Hampir di setiap sudut dengan mudah ditemukan orang yang merokok seenaknya tanpa memperdulikan orang-orang yang berada di sekitarnya. Para perokok ini juga tidak memperdulikan tempat mereka merokok, beberapa bahkan merokok di dalam angkutan umum. Indonesia menempati posisi ketiga setelah India dan China dengan jumlah perokok terbanyak. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase merokok pada penduduk umur ≥ 15 tahun di Indonesia sebesar 28,26% pada tahun 2022.

Merokok merupakan salah satu perilaku yang tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang yang berada disekitarnya atau yang lebih dikenal dengan perokok pasif. Rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, kanker, hingga penyakit jantung koroner.

Berhenti merokok merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat bagi seseorang yang berhenti merokok:

  • Dalam 20 menit pertama, tekanan darah, denyut jantung dan aliran darah tepi akan membaik
  • Untuk 12 jam berikutnya, hampir semua nikotin dalam tubuh sudah dimetabolisme dan tingkat CO di dalam darah kembali normal.
  • 24-48 jam berikutnya nikotin mulai tereliminasi dari tubuh. Tidak hanya itu, Fungsi pengecap dan penciuman mulai membaik serta sistem kardiovaskular meningkat.
  • Dalam 5 hari sejak berhenti merokok, sebagian besar metabolisme nikotin dalam tubuh sudah hilang.
  • Dalam 2 sampai dengan 6 minggu setelahnya, fungsi silia saluran nafas dan fungsi paru membaik, serta nafas pendek dan batuk-batuk akan berkurang.
  • Dalam 1 tahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung koroner berkurang setengahnya dibandingkan orang yang tetap merokok.
  • Setelah 5 tahun berhenti merokok, risiko stroke menurun pada level yang sama seperti orang yang tidak pernah merokok.
  • Dalam 10 tahun berhenti merokok, risiko kanker paru-paru berkurang setengahnya.
  • Dalam 15 tahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung koroner menurun sama sseperti orang yang tidak pernah merokok.

Namun demikian, berhenti dari kecanduan merokok secara seketika bukanlah hal yang mudah, banyak orang yang memerlukan waktu dan berhenti secara bertahap. Berikut ini adalah tips S.T.A.R.T untuk berhenti merokok yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecanduan rokok, diantaranya adalah:

  • Set = Tetapkan tanggal mulai berhenti
  • Tell = Beritahukan kepada seluruh lingkungan sehari-hari seperti keluarga dan teman untuk mendukung
  • Anticipate = Antisipasi dan kenali waktu timbulnya keinginan untuk merokok dan buat rencana untuk menghadapinya
  • Remove = Jauhkan rokok dari jangkauan anda dan buanglah berbagai peralatan yang dapat mengundang ajakan untuk merokok.
  • Talk = Konsultasikan ke layanan upaya berhenti merokok yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan melalui 08001776565 atau juga dapat melakukan konsultasi di klinik UBM (Upaya Berhenti Merokok) terdekat.

Semoga tips berhenti merokok di atas dapat membantu masyarakat dalam menghentikan diri dari kecanduan untuk merokok. Yuk bisa yuk berhenti merokok mulai dari sekarang!


Cari Artikel

Profil

Alamat :
Jl. Prof. M. Yamin, SH. No.5 Pariaman, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Prov. Sumatera Barat

Telpon :
(0751) 91118 - 91428

Fax :
(0751) 91428 - Fax Direktur

Email :
rsudpariaman.sumbarprov@gmail.com

Emergency Number

Hasil Polling

Bagaimana pelayanan RSUD Pariaman ?

Cukup Baik9.4%

Baik25.9%

Sangat Baik37.6%

Lain- lain27.1%

Ikuti Vote Disini

Link