Minggu, 14 Agustus 2022 - RSUD Pariaman

Pengembangan Layanan Sikomik Dewa dengan Sistem QR Code

  • Website Administrator
  • 30 Juli 2022
  • 49

Pengguna Layanan Si Komik Dewa dengan Sistem QR Code

RSUD Pariaman kembali membuat terobosan baru,Sikomik Dewa, di bidang promosi kesehatan. 

Di era digitalisasi ini, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Pariaman berinovasi memanfaatkan teknologi, untuk memberikan informasi kesehatan dengan jangkauan yang lebih luas lagi kepada masyarakat. Inovasi yang dimulai pelaksanaannya sejak bulan juni 2021 ini diberi nama Si Komik Dewa (Sistem Komunikasi, Informasi dan Edukasi dengan WA). Jika selama ini pasien/pengunjung mendapatkan leaflet dengan cara mengambil leaflet yang telah disediakan di ruang tunggu rumah sakit, maka dengan menggunakan layanan Si Komik Dewa, pasien/pengunjung bisa mendapatkan leaflet yang dibutuhkan dengan mudah melalui aplikasi whatsapp. Disamping untuk memudahkan penyebarluasan informasi kesehatan, inovasi ini juga ditujukan untuk mengurangi kontak antar sesama pasien/pengunjung saat mengambil leaflet di ruang tunggu, dimana hal ini berpotensi untuk meningkatkan risiko penularan Covid-19 di rumah sakit.

Di awal mula pengaplikasian layanan ini, data termasuk nomor whatsapp pasien/pengunjung dikumpulkan secara manual oleh petugas PKRS. Setiap harinya petugas PKRS akan mendata nomor whatsapp pasien/pengunjung untuk selanjutnya dikirimkan leaflet melalui whatsapp sesuai kebutuhan pasien. Sejak bulan juni 2021 hingga bulan juni 2022 terhitung sebanyak 1125 orang sudah menggunakan layanan ini dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, untuk mempermudah pengumpulan data pasien dan menjangkau sasaran edukasi yang lebih luas lagi, Instalasi PKRS berkolaborasi dengan Instalasi IT RSUD Pariaman untuk mengembangkan inovasi ini dengan sistem QR Code. Saat ini QR Code Si Komik Dewa dapat ditemukan di unit-unit pelayanan baik poliklinik maupun ruang rawat inap RSUD Pariaman. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat menemukan QR Code pada media sosial RSUD Pariaman. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan leaflet kapanpun dan dimanapun berada.

Untuk mengakses layanan ini, pengguna cukup melakukan scan/memindai QR Code Sikomik Dewa dan selanjutnya mengisi identitas diri serta memilih jenis leaflet yang dibutuhkan. Kemudian admin akan mengirimkan leaflet yang dibutuhkan ke whatsapp pengguna pada jam kerja. Sangat mudah dan praktis.

Qrcode Sikomik Dewa

Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait kesehatan. Sehingga dapat mengubah perilaku masyarakat dari yang awalnya tidak sehat menjadi berperilaku hidup bersih dan sehat. 

Untuk petunjuk penggunaan aplikasi dapat dilihat di galeri video atau klik disini


Cari Artikel

Profil

Alamat :
Jl. Prof. M. Yamin, SH. No.5 Pariaman, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Prov. Sumatera Barat

Telpon :
(0751) 91118 - 91428

Fax :
(0751) 91428 - Fax Direktur

Email :
rsudpariaman.sumbarprov@gmail.com

Emergency Number

Hasil Polling

Bagaimana pelayanan RSUD Pariaman ?

Cukup Baik9.4%

Baik25.9%

Sangat Baik37.6%

Lain- lain27.1%

Ikuti Vote Disini

Link